Senin, 08 April 2013

ALAT MUSIK SUMATERA UTARA

Di dunia ini banyak macam-macam alat musik. Berikut ini jenis-jenisnya menurut cara memainkannya.

Alat Musik Tiup
Alat musik ini dibunyikan/dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik jenis ini dapat bersuara dengan resonansi. Pada alt musik ini ada yang di membuka-menutup lubang atau menekan tuts. Berikut contoh-contohnya.

1.Seruling
Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
Suling ini banyak dijumpai sebagai alat musik tradisional Indonesia. Ada 2 jenis, yang kecil, untuk lagu-lagu meriah atau besar, untuk lagu-lagu sedih. Sekarang yang besar juga sudah digunakan untuk lagu-lagu meriah.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXhCeKevv3ljyQzOb4X6m-PViuMLqxV0DImIc-jsxRjDM4eA2Qj76OlF0NEWt_l3RFH-F6CM5R8We601K9aqbDCs5xUc6mdmW9kEJggUl2UxDBMf-TQShnoPsfUirY2TIxi7iHhG-jkTU/s200/seruling.jpg
suling Batak


2.Sarune
Sarune adalah alat musik yang berbentuk seperti klarinet. Sarune ada di setiap sub suku Batak. Dan suaranya pun berbeda-beda. Di Toba, suaranya agak tersumbat, sedangkan di Karo lebih melengking.
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQFhUl8zBWuXMMLsPY6d4_dMgdgJ13wb8EQ3S4wXS7NyMZfmHeP
Seorang Pemusik tengah memainkan Sarune Karo

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN67Lc3cSLGNNd1cyqtXx19xeepPgtLucAsgI9ys3U1nAgWKTh0C3mYsnZJJUWKsAdOxPZDTEhkUagab0ZVfzfz1OMw8ypFYjSHQ25dBMOyFTX1-8Wb8fY6ztGuDClMumdaANpne-n7aA/s320/Sarune-web.jpg
Sarune Toba
3.Surdam/Sordam
Ini adalah alat musik untuk memanggil roh. Terbuat dari bambu, dan membunyikannya cukup sulit.

4.Belubat/Baluat
Alat musik ini adalah khas Karo. Biasanya untuk memainkan lagu-lagu sedih.


Alat Musik Petik
Alat musik petik di Sumatera Utara berupa kecapi atau rakyat SU menamainya Kulcapi atau Hasapi.
Alat musik ini berupa kecapi dimainkan seperti gitar dengan 2 senar. Biasanya terbuat dari kayu. Dan banyak ukiran.
http://images.metmuseum.org/CRDImages/mi/web-highlight/243912.jpg 


Alat Musik Gesek
Di Sumatera Utara juga terdapat alat musik gesek berupa rebab. Orang Toba menyebutnya Arbab, sedangkan orang Karo menyebutnya Murbab. Alat musik ini memiliki 2 senar.
http://simalungunonline.com/wp-content/uploads/2011/05/arbab1.jpg
Alat Musik Pukul(Perkusi)
1. Tagading
Taganing adalah salah satu alat musik Batak Toba, yang terdiri lima buah gendang yang berfungsi sebagai pembawa melodi dan juga sebagai ritem variable dalam beberapa lagu.
Klasifikasi instrumen ini termasuk ke dalam kelompok membranophone, dimainkan dengan cara dipukul membrannya dengan menggunakan palupalu (stik).
Taganing adalah drum set melodis (drum-chime), yaitu terdiri dari lima buahgendang yang gantungkan dalam sebuah rak. Bentuknya sama dengan gordang, hanyaukurannya bermacam-macam. Yang paling besar adalah gendang paling kanan, dan semakin ke kiri ukurannya semakin kecil. Nadanya juga demikian, semakin ke kiri semakin tinggi nadanya. Taganing ini dimainkan oleh satu atau 2 orang dengan menggunakan dua buah stik. Dibanding dengan gordang yang relatif konstan, maka taganing adalah melodis.
Masuk dalam jenis alat musik membranphone yang berebentuk tabung, yang merupakan alat pukul atau tabuh. Seperangkat (set) Taganing terdiri 5 buah. Didalam sebuah permainan, posisi Taganing sangat penting. Selain tabuhan Taganing yang berpadu dengan melodi Serune, juga berfungsi sebagai dirigen yang memberikan aba-aba, dan memberikan pengaruh semangat pada semua musisi yang terlibat.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/2/2c/Taganing_02.jpg

2.Garantung
Garantung (dibaca garattung) adalah salah satu alat musik Batak TobaSumatera Utara yang merupakan pembawa melodi yang terbuat dari kayu dan memiliki lima bilah nada.
Klasifikasi instrument ini termasuk ke dalam kelompok xylophone.
Selain berperan sebagai pembawa melodi, juga berperan sebagai pembawa ritem variable pada lagu-lagu tertentu, dimainkan dengan cara mamalu (memukul 5 bilah nada).
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/5/5c/Garantung.gif
Garantung terdiri dari 7 wilahan yang digantungkan di atas sebuah kotak yang sekaligus sebagai resonatornya. Alat musik ini dimainkan dengan menggunakan dua buah stik untuk tangan kiri dan tangankanan. Sementara tangan kiri berfungsi juga sebagai pembawa melodi dan pembawa ritme, yaitu tangan kiri memukul bagian tangkai garantung dan wilahan sekaligus dalam memainkan sebuah lagu.

3. Keteng-Keteng 
Keteng-keteng adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Memiliki 2 senar, setiap senarmemiliki bagian-bagian yang memiliki suara berbeda. Cara memainkannya adalah dengan memukul senarnya sesuai irama keteng-keteng dengan 2 buah stik.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSgD8X6wt97Kvtzj7LqxMe49i-v8uOfDkynvJjk1wUVa_liKPaq
4. Gong
Gong adalah alat musik dari logam yang berfungsi menjaga ritme. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIHmIREd0TdnIT_jKmuWfkp-aNz3snV9JYFPkvP7li32on4cXghnBX1jmgnAy2Pajvyz2QkTxdHjV8cYgj_TLw0ozAkcY-WSLNWT22JEc1uqwZCQUqTTV9kIFYcr3DIvfm5wEqHVReIAkM/s1600/gong.jpeg


5. Gendang Singanaki-Singindungi.
Yaitu gendang berbentuk silinder yang tinggi dan mempunyai permukaan yang sempit. Pemukulnya juga kecil.
Gendang singindungi adalah gendang 1 silinder. Sedangkan Singanaki adalah gendang 2 silinder, 1 silinder besar seperti singindungi, dan kecil sebagai anak.
http://1.bp.blogspot.com/-MkrpMLzla9I/TrATIeMenoI/AAAAAAAAAs8/aCjpZEMBzfE/s1600/singanaki.jpg
Gendang Singanaki

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQDIraX7UzYj0DUdjHotPFyspvTQQV4ocxDwC3GsbXV0hrra9hmHQ
Gendang Singindungi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar